kmrn itu menurut gw adalah hari yg bakal gw lupain seumur idup gw (lebay lo!). kmrn acaranya lumayan seru, cukup menghibur lah.... Farewell party LDXV diadakan di Balai kartini, di dundangannya sih mulainya jam 9 ampe jam 4. tapi kmrn ngaret. mulainya aja baru jam 9.30 slesenya klo ga salah jam 5. cape bgt..... tapi seneng. tema acaranya tuh movie gtu. jd dress codenya movie karakter. tadinya sih gw pengen jd giselle yg di enchanted, gw bikin baju di tempat tukang jahit deket rmh gw. tapi pas udah jadi, kok kayaknya beda jauh ya ama giselle. tapi yawdahlah..... akhirnya gw dateng pake baju itu.
pengisi acaranya itu dari anak kls 9A- aksel 2 dan juga ada zelofus 16, band anak2 labs, film titanic yg pemerannya diganti jadi pak dedi, pak amir, dan pak puji, ada jg penampilan dari denny darko (bener ga sih gw nulis namanya?). kmrn tuh ada banyk bgt band yg tampil, tapi klo diliat2 personil bandnya, kok sama smua ya???? maksudnya tuh ada beberapa orang yg udah maen di satu band, trus ntar maen lg di band yg laen. menurut gw penampilannya denny darko krg menarik. tapi kocaknya, kmrn denny darko itu ngaku klo kmrn itu dya nervous bgt, trus saking nervousnya dya salha asuk ke toilet cewek!!!! haahahahahahaha................
tapi yg paling oke itu film titanic yg diperankan oleh pak dedi, pak amir, dan pak puji. lo bs bayangin ga sih klo pak dedi jadi jack trus pak amir jadi rose??? trus pak puji tiba2 nongol gt??? ceritanya gini, pak amir lg bergaya untuk di gambar ama pak dedi, trus di belakangnya pak amir itu ada pot isinya tanaman. harusnya pak dedi kan ngegambar pak amir, tapi pak dedi malah ngegambar pot tanamannya itu. trus pas diliat hasiul gambarnya ama pak amir, pal amir marah gt2 deh karna yg digambar tuh pot tanaman bkn dya. dan pak dedi membela diri, ya kurang lebih berkata gini, " lho apanya yg salah? saya kan cm ngikutin cara2 menggambar yg diajarakan sama pak puji". trus tiba2 pak puji nongol deh. trus pak puji ngomentarin gambarnya pak dedi. ya kurang inilah, kurang itulah. trus dia bilang gambarnya pak dedi tuh nilainya cm 70. dan pak dedi protes. trus mereka ribut gt tentang gambarnya pak dedi, dan tanpa mereka sadari pak amir pergi entah kemana. trus lanjutannya gw gak gitu ngikutin soalnya gw lg ngisi angket. yg gw inget sih kayaknya pak amir dan pak dedi baikan. trus sblm tamat, mereka berdua berpose kayak jack ama rose lg di atas kapal sambil membentangkan tangan, menikmat laut gt deh. haahahahahhahahahaha....................... lucu banget!!!!!!!!!!!!!!! dan ternyata film ini dapet award sebagai best performance.
Wednesday, June 3, 2009
Thursday, April 30, 2009
akhirnya UN slese jg
yeeeeyyyyy..............
akhirnya UN slese jg.
capek gw blajar terus.
tapi, sayangnya masih ada ujian praktik dan ujian sekolah.
jadi gw msh hrs tetep blajar biar gw lulus dgn nilai terbaik. amin. doain ya!!!!
tapi, bs nyantai bentar nih gw.
soalnya bsk libur. yeeeeeyyyy..........
akhirnya UN slese jg.
capek gw blajar terus.
tapi, sayangnya masih ada ujian praktik dan ujian sekolah.
jadi gw msh hrs tetep blajar biar gw lulus dgn nilai terbaik. amin. doain ya!!!!
tapi, bs nyantai bentar nih gw.
soalnya bsk libur. yeeeeeyyyy..........
Friday, April 24, 2009
tes di SPH lagi
Hari jumat tanggal 17 april kemarin gw nyoba tes lg di SPH sentul. Gila susah bgt!!!!! Biarpun gw udah pernah tes, trus kmrn itu gw tes lg untuk yg kedua kalinya, tapi tetep aja susah. Seenggaknya lebih gampangan soal try out yg kmrn2 itu. Walaupun hasilnya ga bagus2 amat sih. Hehe…..
Waktu tes yang pertama, gw cm coba2 doang. Kata ortu n kakak gw, coba aja ga usah pikirin bakal masuk apa ga. Udah gt, nyokap gw jg ga bawa data2 yg diminta SPH klo maw tes, karna cuma coba2 doang. Yawdah gw jadi tes. Tesnya cm bhs ing n math, tapi susah bgt. Yg bhs ing, klo lo pernah tes toefl, ya semacam itulah tesnya. Yg math, pertanyaannya pake bhs ing jg. Yg pake bhs indo aja kadang gw ga ngerti, apalagi yg pake bhs ing???? Kakak gw kn pny sample soal math yg pake bhs ing, yawdah gw belajar dr situ aja. Tapi di soal itu ada sin, cos, log, gw kn ga ngerti. Trus gw tanya bokap gw, trus kata bokap gw gini, “kmu blm belajar sin, cos, log, dll kn? Yawdah ga usah dipelajarin, itu sebenernya soal SMA. Kmu belajar yg udah dipelajarin aja”. Yawdah gw belajar yg udah dipelajarin. Tapi betapa sialnya gw, pas tes, itu pelajaran yg gw ga pelajarin, keluar, ada sekitar 5 nomer. Yawdah gw ngasal aja, abisnya gw ga ngerti.
Dan hasilnya adalah … jeng…..jeng….jeng….jeng………………GW GA LULUS. Okey. Tapi orang yang mengetes gw itu bilang gini, “sebenernya supaya kmu bs lulus, bhs ing nya hrs bener 25 soal lg. Tapi matematika kmu bgs kok. Jadi, klo kmu emang beneran maw masuk sini, kmu bs tes lg, dan bawa data2nya”.
Dan akhirnya di hari jumat itu gw tes lg dan ga lupa bawa data2 yg diperluin. Tapi yg gw bingung, knp mereka minta rapot n sttb SD gw jg yg udah dilegalisir ya? Soalnya waktu maw tes di SMA labschool aja cm dimintain legalisir rapot SMP doang. Tapi yawdah lah. Sebelom tes, orang yg mengetes gw bilang gini (klo gw g slh denger ya), “kmu hr ini tesnya bhs ing aja. Soalnya mtematika kmu udah bgs, udah melebihi rata2”. Haaa???? Melebihi rata2???? Ih… waaaaawwww…… oke, kita balik lg ke mslh tesnya. Setelah gw ngerjain tuh soal2, gw di suruh istirahat dulu, abis itu br gw ama nyokap gw di interview. Tadinya gw kira gw ama nyokap msk ke dlm ruangan dan di interview bareng2, tapi ternyata nggak, sendiri2. aduh gmn ya??? Gw udah takut aja, klo gw g bs jwb gmn????
Yg pertama di interview itu gw, cm gw doang, nyokap gw katanya ntar ama kepsek. Gw di interview ama seorang wanita, klo g slh dya tuh guru bhs ing n bhs indo di kls 10. abis ini slese, gw kira yg dinterview ama kepsek cuma nyokap gw doang, ternyata gw jg. Yasudahlah….jalanin aja.
Dan akhirnya, slese jg serangkaian tes ini yg telah membuat gw cukup stress. Katanya sih ntar di telpon apakah gw diterima apa nggak. Smoga aja deh di terima di sana. Amin. Setelah itu kita plg ke rumah.
Waktu tes yang pertama, gw cm coba2 doang. Kata ortu n kakak gw, coba aja ga usah pikirin bakal masuk apa ga. Udah gt, nyokap gw jg ga bawa data2 yg diminta SPH klo maw tes, karna cuma coba2 doang. Yawdah gw jadi tes. Tesnya cm bhs ing n math, tapi susah bgt. Yg bhs ing, klo lo pernah tes toefl, ya semacam itulah tesnya. Yg math, pertanyaannya pake bhs ing jg. Yg pake bhs indo aja kadang gw ga ngerti, apalagi yg pake bhs ing???? Kakak gw kn pny sample soal math yg pake bhs ing, yawdah gw belajar dr situ aja. Tapi di soal itu ada sin, cos, log, gw kn ga ngerti. Trus gw tanya bokap gw, trus kata bokap gw gini, “kmu blm belajar sin, cos, log, dll kn? Yawdah ga usah dipelajarin, itu sebenernya soal SMA. Kmu belajar yg udah dipelajarin aja”. Yawdah gw belajar yg udah dipelajarin. Tapi betapa sialnya gw, pas tes, itu pelajaran yg gw ga pelajarin, keluar, ada sekitar 5 nomer. Yawdah gw ngasal aja, abisnya gw ga ngerti.
Dan hasilnya adalah … jeng…..jeng….jeng….jeng………………GW GA LULUS. Okey. Tapi orang yang mengetes gw itu bilang gini, “sebenernya supaya kmu bs lulus, bhs ing nya hrs bener 25 soal lg. Tapi matematika kmu bgs kok. Jadi, klo kmu emang beneran maw masuk sini, kmu bs tes lg, dan bawa data2nya”.
Dan akhirnya di hari jumat itu gw tes lg dan ga lupa bawa data2 yg diperluin. Tapi yg gw bingung, knp mereka minta rapot n sttb SD gw jg yg udah dilegalisir ya? Soalnya waktu maw tes di SMA labschool aja cm dimintain legalisir rapot SMP doang. Tapi yawdah lah. Sebelom tes, orang yg mengetes gw bilang gini (klo gw g slh denger ya), “kmu hr ini tesnya bhs ing aja. Soalnya mtematika kmu udah bgs, udah melebihi rata2”. Haaa???? Melebihi rata2???? Ih… waaaaawwww…… oke, kita balik lg ke mslh tesnya. Setelah gw ngerjain tuh soal2, gw di suruh istirahat dulu, abis itu br gw ama nyokap gw di interview. Tadinya gw kira gw ama nyokap msk ke dlm ruangan dan di interview bareng2, tapi ternyata nggak, sendiri2. aduh gmn ya??? Gw udah takut aja, klo gw g bs jwb gmn????
Yg pertama di interview itu gw, cm gw doang, nyokap gw katanya ntar ama kepsek. Gw di interview ama seorang wanita, klo g slh dya tuh guru bhs ing n bhs indo di kls 10. abis ini slese, gw kira yg dinterview ama kepsek cuma nyokap gw doang, ternyata gw jg. Yasudahlah….jalanin aja.
Dan akhirnya, slese jg serangkaian tes ini yg telah membuat gw cukup stress. Katanya sih ntar di telpon apakah gw diterima apa nggak. Smoga aja deh di terima di sana. Amin. Setelah itu kita plg ke rumah.
Friday, April 3, 2009
try out ke 5
wah, ga nyangka gw dari try out 1 ampe 4,nilai matematikagw kalo ga 6 ya 7.
tapi try out ke 5, gw dapet 9!!!!!!
ada lagi, nilai IPA gw,biasanya 6, try out ke 5 dapet 82,5!!!!!
ga nyangka banget....
tapi try out ke 5, gw dapet 9!!!!!!
ada lagi, nilai IPA gw,biasanya 6, try out ke 5 dapet 82,5!!!!!
ga nyangka banget....
tebak2an jayus
Gw sama tasha pernah buat tebak-tebakan jayus,ini dya tebak-tebakannya. Sebenernya sih ada banyak tapi gw ga inget smua.
Ada kapal selam,kapasitasnya maksimal 50 penumpang. Di dalam kapal itu ada 49 anak laki-laki dan 1 ibu-ibu hamil. Tapi, kenapa kapal itu tenggelam?
Jawaban : namanya juga kapal selam. Ya pasti tenggelam.
Ada sebuah sekolah,.siswanya semua penghuni hutan. Ada 1 binatang yang tiap hari selalu telat. Binatang apakah itu?
Jawaban : kaki seribu. Soalnya kakinya ada seribu, pake sepatunya lama.
Ada seorang perampok, dia maw merampok sebuah rumah mewah. Tapi didepan rumah itu ada satpam yang galak banget, namanya Amin. Di sebrang rumah itu ada mesjid. Perampok tu beraksi antar jam 6 sampe jam 7 gt. Pertanyaannya, gimana caranya perampok itu beraksi tanpa sepengetahuan si satpam?
Jawaban : kan perampok beraksi antara jam 6 ampe jam 7, di mesjid lagi pada solat maghrib. Pas orang2 lagi psda solat, klo abis baca surat al fatihah, bacaan amin dipanjangkan, si satpam yang bernama amin itu merasa dirinya ada yang manggil. Yawdah dia pergi ke mesjid. Dan perampok bisa beraksi.
Binatang apa yang paling sehat?
Jawaban : belalang kupu kupu, siang makan nasi, malam minum susu.
Ada seekor semut, dia maw pulang ke rumahnya. Untuk bisa sampai ke rumahnya dia harus menyebrangi parit yang arusnya sangat deras. Kalo dia berenang, dia pasti akan terbawa arus. Jadi, gimana caranya si semut bisa sampai ke rumahnya dengan selamat?
Jawaban : nyebrang aja, kan lagi musim kemarau, paritnya lagi kering.
Di hutan ada seorang cowok yang lagi manjat pohon mangga. Pas dia mau turun, diabawah ada 3 ekor harimau. Gimana caranya dia bisa turun dengan selamat?
Jawaban : turun aja, kan cuma ekornya doang.
Ada kapal selam,kapasitasnya maksimal 50 penumpang. Di dalam kapal itu ada 49 anak laki-laki dan 1 ibu-ibu hamil. Tapi, kenapa kapal itu tenggelam?
Jawaban : namanya juga kapal selam. Ya pasti tenggelam.
Ada sebuah sekolah,.siswanya semua penghuni hutan. Ada 1 binatang yang tiap hari selalu telat. Binatang apakah itu?
Jawaban : kaki seribu. Soalnya kakinya ada seribu, pake sepatunya lama.
Ada seorang perampok, dia maw merampok sebuah rumah mewah. Tapi didepan rumah itu ada satpam yang galak banget, namanya Amin. Di sebrang rumah itu ada mesjid. Perampok tu beraksi antar jam 6 sampe jam 7 gt. Pertanyaannya, gimana caranya perampok itu beraksi tanpa sepengetahuan si satpam?
Jawaban : kan perampok beraksi antara jam 6 ampe jam 7, di mesjid lagi pada solat maghrib. Pas orang2 lagi psda solat, klo abis baca surat al fatihah, bacaan amin dipanjangkan, si satpam yang bernama amin itu merasa dirinya ada yang manggil. Yawdah dia pergi ke mesjid. Dan perampok bisa beraksi.
Binatang apa yang paling sehat?
Jawaban : belalang kupu kupu, siang makan nasi, malam minum susu.
Ada seekor semut, dia maw pulang ke rumahnya. Untuk bisa sampai ke rumahnya dia harus menyebrangi parit yang arusnya sangat deras. Kalo dia berenang, dia pasti akan terbawa arus. Jadi, gimana caranya si semut bisa sampai ke rumahnya dengan selamat?
Jawaban : nyebrang aja, kan lagi musim kemarau, paritnya lagi kering.
Di hutan ada seorang cowok yang lagi manjat pohon mangga. Pas dia mau turun, diabawah ada 3 ekor harimau. Gimana caranya dia bisa turun dengan selamat?
Jawaban : turun aja, kan cuma ekornya doang.
Friday, March 27, 2009
CorelDraw bab 8
Bekerja dengan layer
Membuat layer
1. menampilkan object manager
windows > docker > object manager/tool > object manager docker
2. mengatur susunan layer
memilih layer ; klik edit across layers
mengganti nama layer dan object melalui object manager ; klik rename
3. mengatur layer properties
klik kanan > properties
4. menghapus layertools > object manager > klik nama layer > klik flyout > delete layer
5. menampilkan dan menyembunyikan layer
tools > object manager > visible/eye
6. mengubah susunan layer
memindahkan dan menyalin
1. dalam layer
tools>object manager > klik objek > klik dan drag nama objek yang akan dipindah dalam suatu layer
2. antar-layer
tools > object manager > klik objek > flyout > klik layer
menggunakan master page layer
windows > docker > object manager > buat layer baru >klik kanan> properties > tandai master layer > ok
mencetak layer
tools > object manager > file > print
Membuat layer
1. menampilkan object manager
windows > docker > object manager/tool > object manager docker
2. mengatur susunan layer
memilih layer ; klik edit across layers
mengganti nama layer dan object melalui object manager ; klik rename
3. mengatur layer properties
klik kanan > properties
4. menghapus layertools > object manager > klik nama layer > klik flyout > delete layer
5. menampilkan dan menyembunyikan layer
tools > object manager > visible/eye
6. mengubah susunan layer
memindahkan dan menyalin
1. dalam layer
tools>object manager > klik objek > klik dan drag nama objek yang akan dipindah dalam suatu layer
2. antar-layer
tools > object manager > klik objek > flyout > klik layer
menggunakan master page layer
windows > docker > object manager > buat layer baru >klik kanan> properties > tandai master layer > ok
mencetak layer
tools > object manager > file > print
CorelDraw bab 7
Bab 7
Bekerja dengan warna
penting nya penggunaan warna yang efektif
1 tentukan target sasaran anda
2 gunakan warna seperlunya
3 penggunaan scheme warna4 buatlah design yang sederhana
memilih warna menggunakan color palette docker
1. menambahkan warna pada color palette
- klik menu palette
- klik edit > palet editor
- klik add color
- pilih warna
2. menghapus warna pada palette
palette editor > delete color > klik yes
3. menggunakan fixed palette
memilih warna dengan color mixer
- pilih objek
- tekan shift + F11
- select color
mencampur warna dengan color harmonies
model selector > huemencampur warna dengan color blendoption > mixer > color blend
mengatur setting palette properties
1. membuka color palette
windows > color palettes > open palette
2. menutup color palette
palette > close
3. membuat color palette
- palet editor
- melalui objek
- melalui dokumen
mewarnai objek
1. menggunakan fasilitas uniform fill
2. menggunakan color harmonies
3. menggunakan color viewer
4. menggunakan color blends
5. menggunakan fasilitas fountain fill
- linear fountain fill
- conical fountain fill
- radial fountain fill
- square fountain fill
6. menggunakan fountain fill presets
7. membuat campuran warna dalam fountain fill
8. mengubah atribut fountai fill
9. menggunakan fountain color presets
10. menggunakan fasilitas pattern fill
- memilih jenis pattern
-memodifikasi pola dari pattern fill
11. menggunakan fasilitas texture fill
12. menggunakan fasailitas postscript texture fill
13. menggunakan fasilitas mesh fill
Bekerja dengan warna
penting nya penggunaan warna yang efektif
1 tentukan target sasaran anda
2 gunakan warna seperlunya
3 penggunaan scheme warna4 buatlah design yang sederhana
memilih warna menggunakan color palette docker
1. menambahkan warna pada color palette
- klik menu palette
- klik edit > palet editor
- klik add color
- pilih warna
2. menghapus warna pada palette
palette editor > delete color > klik yes
3. menggunakan fixed palette
memilih warna dengan color mixer
- pilih objek
- tekan shift + F11
- select color
mencampur warna dengan color harmonies
model selector > huemencampur warna dengan color blendoption > mixer > color blend
mengatur setting palette properties
1. membuka color palette
windows > color palettes > open palette
2. menutup color palette
palette > close
3. membuat color palette
- palet editor
- melalui objek
- melalui dokumen
mewarnai objek
1. menggunakan fasilitas uniform fill
2. menggunakan color harmonies
3. menggunakan color viewer
4. menggunakan color blends
5. menggunakan fasilitas fountain fill
- linear fountain fill
- conical fountain fill
- radial fountain fill
- square fountain fill
6. menggunakan fountain fill presets
7. membuat campuran warna dalam fountain fill
8. mengubah atribut fountai fill
9. menggunakan fountain color presets
10. menggunakan fasilitas pattern fill
- memilih jenis pattern
-memodifikasi pola dari pattern fill
11. menggunakan fasilitas texture fill
12. menggunakan fasailitas postscript texture fill
13. menggunakan fasilitas mesh fill
Monday, March 16, 2009
lari kenangan Ladextravales
tanggal 6 maret kemarin, kita semua lari jumat untuk yang terakhir kalinya. seru lho!!! rame banget!!! klas gw pake berbagai macam atribut gtu deh. kita pake name tag yang dibuat dari kardus aqua yang dilapisi karton warna warni, trus tulisannya " I'm 9 Defordelite". selain itu pake topeng, terompet kecil, muka dicoret2, dll. bu Pur jg ga kalah rame ama kita2. bu Pur kita dandanin jadi Ms Defordelite, pake mahkota gtu. hahaha.....
rute larinya sih sama kayak lari jumat biasa. tapi abis lari kita makan nasi tumpeng bersama.abis itu foto2 dan foto kelas.
rute larinya sih sama kayak lari jumat biasa. tapi abis lari kita makan nasi tumpeng bersama.abis itu foto2 dan foto kelas.
rangkuman CorelDraw 12 bab 6
Menggunakan setting default
1.Bukalah pilihan kotak dialog dengan menyeleksi tools kemudian pilih options atau menekan ctrl+J
2.Pilih document lalu styles pada option yang ada
3.Pilih default graphic,artistic text,atau paragraph text
4.Klik tombol edit untuk teks fill dan outline utk mengubah tampilan standar
Bekerja dengan Objek Kurva
Jika merasa belum puas kita bisa berkreasi sendiri dengan objek kurva.
Caranya :
1.Seleksi objek
2.Klik menu arrange kemudian pilih convert to curvesatau
1.Klik shape tool seleksi objek kurva
2.Drag segmen hingga menjadi bentuk yang diinginkandll
Membuat kurva menggunakan reflect nodes modeCoreldraw menyediakan tool untuk dikembangkan menjadi objek kreasi sendiri seperti rectangle,spiral,lingkaran,dll.Node yang sedang tidak aktif berupa kotak kosong,tetapi jika memilih dengan shape tool maka node tersebut akan berwarna hitam.Kita dapat memindahkan posisi dengan men-dragnya.
Menggunakan fasilitas skew dan stretch
Jika pada rotate yang ditarik adalah tanda putar yg di sudut,utk memiringkan objek atau skewing yang ditarik adalah yang terletak ditengah atas atau bawah.
Ada tiga proses pengubahan bentuk suatu objek:
1.Horizontal skew: mengubah secara horizontal
2.Vertikal skew : mengubah bentuk secara vertikal
3.Rotate(diagonal skew): mengubah bentuk objek gambar secara diagonal
Stretch mirip sizing hanya stretch ditujukan untuk pembesaran dan pengecilan secara tidak proporsional.Selain itu proses ini dapat digunakan juga untuk membentuk gambar cermin dari objek gambar.Juga ada 3 proses pengubahan ukuran yaitu : Horizontal stretch,Vertikal stretch,Scale.Kita dapat melakukan pada saat pick tool sedang aktif.
Menggunakan fasilitas roughen
-Nib size: untuk menentukan ukuran sikat dengan range antara 0.01 hingga 2 inch
i-Use stylus pressure setting
-Spike frequency:diatur dengan nilai 1-10 yg memungkinkan mengendalikan jarak
-Dryout value:memberikan variasi penambahan atau pengurangan efek roughen
-Tilt:mengatur ketingggian efek
-Spike direction:memberikan setting untuk mengendalikan efek
-Bearing
Menggunakan efek distorsi
1.Aktifkan interactive dsortion tool
2.Pilij jenis disorsi yang akan diapakai
3.Geser posisi kursor mouse pada objek
4.Klik mouse dan tahan
5.Geser posisi kursor mouse hingga efek distorsi tercapai
Mengatur bentuk objek dengan perintah envelopeenvelope adalah cara membuat efek bentuk yang populer didalam gambar vektor.Envelope dapat dibentuk dari beberapa node yang bisa dipindahkan sampai menjadikan objek dengan bentuk yang diinginkan.Dapat diterapkan banyak bentuk objek termasuk garis,artistic text,dan frame paragraph text.Pertama dengan memanipulasi bentuk objek ketika sudah berada pada mode envelope.Kedua mengubah bentuk asli.terakhir membentuk envelope dengan menyalin bentuk envelope yang sudah jadi.
Menggunakan perintah trim
1.Seleksi objek gambar
2.Pada jendela shaping docker pilih trim
3.Kemudian klik trim dan setelah melihat panah arahkan pada target objek.
Menggunakan perintah weldPerintah weld adalah untuk membuat objek baru berdasarkan kombinasi dua atau lebih objek yang saling bertumpukan.Dengan adanya bentuk baru maka bentuk asli objek akan lenyap.Weld menggabungkan objek kemudian menjadi satu outline.
Perintah intersection
Seperti halnya trim intersect ini juga proses mengiris suatu objek dengan objek lain.Bedanya proses ini bagian yg saling menumpuk dari kedua objek yang berlubang sadangkan bagian yang tidak menumpuk akan lenyap
Membuat powerclip
Efek ini menyusun objek dengan memasukannya ke dalam objek lainnya.Misalnya gambar yang dimasukkan ke objek kotak sehingga kotak tersebut berfungsi sebagai frame
caranya:
1.Seleksi objek
2.Klik menu effects dan powerclip
3.Pilih place inside container
1.Bukalah pilihan kotak dialog dengan menyeleksi tools kemudian pilih options atau menekan ctrl+J
2.Pilih document lalu styles pada option yang ada
3.Pilih default graphic,artistic text,atau paragraph text
4.Klik tombol edit untuk teks fill dan outline utk mengubah tampilan standar
Bekerja dengan Objek Kurva
Jika merasa belum puas kita bisa berkreasi sendiri dengan objek kurva.
Caranya :
1.Seleksi objek
2.Klik menu arrange kemudian pilih convert to curvesatau
1.Klik shape tool seleksi objek kurva
2.Drag segmen hingga menjadi bentuk yang diinginkandll
Membuat kurva menggunakan reflect nodes modeCoreldraw menyediakan tool untuk dikembangkan menjadi objek kreasi sendiri seperti rectangle,spiral,lingkaran,dll.Node yang sedang tidak aktif berupa kotak kosong,tetapi jika memilih dengan shape tool maka node tersebut akan berwarna hitam.Kita dapat memindahkan posisi dengan men-dragnya.
Menggunakan fasilitas skew dan stretch
Jika pada rotate yang ditarik adalah tanda putar yg di sudut,utk memiringkan objek atau skewing yang ditarik adalah yang terletak ditengah atas atau bawah.
Ada tiga proses pengubahan bentuk suatu objek:
1.Horizontal skew: mengubah secara horizontal
2.Vertikal skew : mengubah bentuk secara vertikal
3.Rotate(diagonal skew): mengubah bentuk objek gambar secara diagonal
Stretch mirip sizing hanya stretch ditujukan untuk pembesaran dan pengecilan secara tidak proporsional.Selain itu proses ini dapat digunakan juga untuk membentuk gambar cermin dari objek gambar.Juga ada 3 proses pengubahan ukuran yaitu : Horizontal stretch,Vertikal stretch,Scale.Kita dapat melakukan pada saat pick tool sedang aktif.
Menggunakan fasilitas roughen
-Nib size: untuk menentukan ukuran sikat dengan range antara 0.01 hingga 2 inch
i-Use stylus pressure setting
-Spike frequency:diatur dengan nilai 1-10 yg memungkinkan mengendalikan jarak
-Dryout value:memberikan variasi penambahan atau pengurangan efek roughen
-Tilt:mengatur ketingggian efek
-Spike direction:memberikan setting untuk mengendalikan efek
-Bearing
Menggunakan efek distorsi
1.Aktifkan interactive dsortion tool
2.Pilij jenis disorsi yang akan diapakai
3.Geser posisi kursor mouse pada objek
4.Klik mouse dan tahan
5.Geser posisi kursor mouse hingga efek distorsi tercapai
Mengatur bentuk objek dengan perintah envelopeenvelope adalah cara membuat efek bentuk yang populer didalam gambar vektor.Envelope dapat dibentuk dari beberapa node yang bisa dipindahkan sampai menjadikan objek dengan bentuk yang diinginkan.Dapat diterapkan banyak bentuk objek termasuk garis,artistic text,dan frame paragraph text.Pertama dengan memanipulasi bentuk objek ketika sudah berada pada mode envelope.Kedua mengubah bentuk asli.terakhir membentuk envelope dengan menyalin bentuk envelope yang sudah jadi.
Menggunakan perintah trim
1.Seleksi objek gambar
2.Pada jendela shaping docker pilih trim
3.Kemudian klik trim dan setelah melihat panah arahkan pada target objek.
Menggunakan perintah weldPerintah weld adalah untuk membuat objek baru berdasarkan kombinasi dua atau lebih objek yang saling bertumpukan.Dengan adanya bentuk baru maka bentuk asli objek akan lenyap.Weld menggabungkan objek kemudian menjadi satu outline.
Perintah intersection
Seperti halnya trim intersect ini juga proses mengiris suatu objek dengan objek lain.Bedanya proses ini bagian yg saling menumpuk dari kedua objek yang berlubang sadangkan bagian yang tidak menumpuk akan lenyap
Membuat powerclip
Efek ini menyusun objek dengan memasukannya ke dalam objek lainnya.Misalnya gambar yang dimasukkan ke objek kotak sehingga kotak tersebut berfungsi sebagai frame
caranya:
1.Seleksi objek
2.Klik menu effects dan powerclip
3.Pilih place inside container
artikel moving class versi saya
Moving Class
Saya adalah salah satu siswi SMP Labschool Jakarta. Di SMP Labschool Jakarta mulai tahun ajaran 2008/2009 diterapkan sistem pembelajaran baru yaitu, Moving Class. Moving Class adalah suatu sistem pembelajaran dimana siswa berpindah kelas setiap pergantian jam pelajaran. Setiap kelas memiliki homebase masing – masing.
Sebenarnya, sistem moving class tidak diterapkan tepat pada awal tahun ajaran 2008/2009, melainkan pada pertengahan tahun ajaran tepatnya setelah terjadi musibah kebakaran. Sebelum diterapkan sistem Moving Class sistem pembelajarannya sama seperti sekolah yang lain. Beberapa waktu yang lalu labschool mengalami musibah kebakaran, akibat kebakaran tersebut ruangan kelas berkurang cukup banyak. Agar kegiatan belajar mengajar tetap dapat berjalan, Tim Rehabilitasi Labschool menyulap ruangan – ruangan yang sebenarnya bukan ruangan untuk kelas menjadi kelas yang bisa dibilang cukup nyaman. Untuk mengatasi keterbatasan ruangan, diterapkanlah sistem Moving Class yang dijalankan oleh seluruh siswa SMP Labschool Jakarta.
Tetapi sistem moving class ini belum bisa berjalan dengan lancar. Yang seharusnya satu kelas digunakan untuk satu jenis pelajaran, digunakan untuk beberapa jenis pelajaran. Contohnya, kelas yang seharusnya digunakan untuk pelajaran seni musik, digunakan juga untuk pelajaran sejarah dan PLKJ. Membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk berpindah sari satu kelas ke kelas yang lain. Karena ada kelas yang terletak di gedung SMP dan ada beberapa kelas yang terletak di Gedung Baru / Gebar dan di lantai 3 TK. Selain itu, masih ada kelas yang mengalami kebocoran dan becek ketika turun hujan akibat kebakaran.
Beberapa bulan yang lalu, sistem moving class sempat dihentikan karena saat itu sedang musim hujan, lorong menjadi becek dan menghindari adanya siswa/I yang terpeleset di lorong. Kegiatan belajar mengajar berjalan seperti sediakala, siswa/I belajar di Homebase masing – masing. Pada bulan Februari lalu, ruangan kelas di lantai 3 SMP Labschool Jakarta telah selesai dibangun dan ruangan kelas sudah tidak ada lagi yang mengalami kebocoran, sehingga moving class bisa berjalan lagi. Cukup banyak yang tidak setuju dengan diberlakukannya lagi moving class karena sudah merasa nyaman ketika belajar di homebase masing – masing.
Dampak positif dari moving class adalah :
· Dari segi pimpnan : lebih mudah memonitor guru yang mengajar di suatu ruangan.
· Dari segi guru : bisa menyiapkan materi yang akan diajarkan lebih baik.
· Dari segi siwa/I : tidak bosan dengan suasana ruangan kelas yang itu saja, menjadi seperti berolah raga karena sering naik turun tangga
Dampak negatif dari moving class adalah :
· Lorong menjadi sempit karena dilalui 2 arah.
· Barang yang tertinggal atau hilang menjadi sulit dilacak.
· Tidak ada yang bertanggung jawab atas kebersihan suatu ruangan.
· Banyak siswa/I yang sering jajan ke kantin
· Lelah karena harus naik turun tangga.
Saya adalah salah satu siswi SMP Labschool Jakarta. Di SMP Labschool Jakarta mulai tahun ajaran 2008/2009 diterapkan sistem pembelajaran baru yaitu, Moving Class. Moving Class adalah suatu sistem pembelajaran dimana siswa berpindah kelas setiap pergantian jam pelajaran. Setiap kelas memiliki homebase masing – masing.
Sebenarnya, sistem moving class tidak diterapkan tepat pada awal tahun ajaran 2008/2009, melainkan pada pertengahan tahun ajaran tepatnya setelah terjadi musibah kebakaran. Sebelum diterapkan sistem Moving Class sistem pembelajarannya sama seperti sekolah yang lain. Beberapa waktu yang lalu labschool mengalami musibah kebakaran, akibat kebakaran tersebut ruangan kelas berkurang cukup banyak. Agar kegiatan belajar mengajar tetap dapat berjalan, Tim Rehabilitasi Labschool menyulap ruangan – ruangan yang sebenarnya bukan ruangan untuk kelas menjadi kelas yang bisa dibilang cukup nyaman. Untuk mengatasi keterbatasan ruangan, diterapkanlah sistem Moving Class yang dijalankan oleh seluruh siswa SMP Labschool Jakarta.
Tetapi sistem moving class ini belum bisa berjalan dengan lancar. Yang seharusnya satu kelas digunakan untuk satu jenis pelajaran, digunakan untuk beberapa jenis pelajaran. Contohnya, kelas yang seharusnya digunakan untuk pelajaran seni musik, digunakan juga untuk pelajaran sejarah dan PLKJ. Membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk berpindah sari satu kelas ke kelas yang lain. Karena ada kelas yang terletak di gedung SMP dan ada beberapa kelas yang terletak di Gedung Baru / Gebar dan di lantai 3 TK. Selain itu, masih ada kelas yang mengalami kebocoran dan becek ketika turun hujan akibat kebakaran.
Beberapa bulan yang lalu, sistem moving class sempat dihentikan karena saat itu sedang musim hujan, lorong menjadi becek dan menghindari adanya siswa/I yang terpeleset di lorong. Kegiatan belajar mengajar berjalan seperti sediakala, siswa/I belajar di Homebase masing – masing. Pada bulan Februari lalu, ruangan kelas di lantai 3 SMP Labschool Jakarta telah selesai dibangun dan ruangan kelas sudah tidak ada lagi yang mengalami kebocoran, sehingga moving class bisa berjalan lagi. Cukup banyak yang tidak setuju dengan diberlakukannya lagi moving class karena sudah merasa nyaman ketika belajar di homebase masing – masing.
Dampak positif dari moving class adalah :
· Dari segi pimpnan : lebih mudah memonitor guru yang mengajar di suatu ruangan.
· Dari segi guru : bisa menyiapkan materi yang akan diajarkan lebih baik.
· Dari segi siwa/I : tidak bosan dengan suasana ruangan kelas yang itu saja, menjadi seperti berolah raga karena sering naik turun tangga
Dampak negatif dari moving class adalah :
· Lorong menjadi sempit karena dilalui 2 arah.
· Barang yang tertinggal atau hilang menjadi sulit dilacak.
· Tidak ada yang bertanggung jawab atas kebersihan suatu ruangan.
· Banyak siswa/I yang sering jajan ke kantin
· Lelah karena harus naik turun tangga.
Subscribe to:
Posts (Atom)