Monday, March 16, 2009

artikel moving class versi saya

Moving Class

Saya adalah salah satu siswi SMP Labschool Jakarta. Di SMP Labschool Jakarta mulai tahun ajaran 2008/2009 diterapkan sistem pembelajaran baru yaitu, Moving Class. Moving Class adalah suatu sistem pembelajaran dimana siswa berpindah kelas setiap pergantian jam pelajaran. Setiap kelas memiliki homebase masing – masing.

Sebenarnya, sistem moving class tidak diterapkan tepat pada awal tahun ajaran 2008/2009, melainkan pada pertengahan tahun ajaran tepatnya setelah terjadi musibah kebakaran. Sebelum diterapkan sistem Moving Class sistem pembelajarannya sama seperti sekolah yang lain. Beberapa waktu yang lalu labschool mengalami musibah kebakaran, akibat kebakaran tersebut ruangan kelas berkurang cukup banyak. Agar kegiatan belajar mengajar tetap dapat berjalan, Tim Rehabilitasi Labschool menyulap ruangan – ruangan yang sebenarnya bukan ruangan untuk kelas menjadi kelas yang bisa dibilang cukup nyaman. Untuk mengatasi keterbatasan ruangan, diterapkanlah sistem Moving Class yang dijalankan oleh seluruh siswa SMP Labschool Jakarta.

Tetapi sistem moving class ini belum bisa berjalan dengan lancar. Yang seharusnya satu kelas digunakan untuk satu jenis pelajaran, digunakan untuk beberapa jenis pelajaran. Contohnya, kelas yang seharusnya digunakan untuk pelajaran seni musik, digunakan juga untuk pelajaran sejarah dan PLKJ. Membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk berpindah sari satu kelas ke kelas yang lain. Karena ada kelas yang terletak di gedung SMP dan ada beberapa kelas yang terletak di Gedung Baru / Gebar dan di lantai 3 TK. Selain itu, masih ada kelas yang mengalami kebocoran dan becek ketika turun hujan akibat kebakaran.

Beberapa bulan yang lalu, sistem moving class sempat dihentikan karena saat itu sedang musim hujan, lorong menjadi becek dan menghindari adanya siswa/I yang terpeleset di lorong. Kegiatan belajar mengajar berjalan seperti sediakala, siswa/I belajar di Homebase masing – masing. Pada bulan Februari lalu, ruangan kelas di lantai 3 SMP Labschool Jakarta telah selesai dibangun dan ruangan kelas sudah tidak ada lagi yang mengalami kebocoran, sehingga moving class bisa berjalan lagi. Cukup banyak yang tidak setuju dengan diberlakukannya lagi moving class karena sudah merasa nyaman ketika belajar di homebase masing – masing.

Dampak positif dari moving class adalah :
· Dari segi pimpnan : lebih mudah memonitor guru yang mengajar di suatu ruangan.
· Dari segi guru : bisa menyiapkan materi yang akan diajarkan lebih baik.
· Dari segi siwa/I : tidak bosan dengan suasana ruangan kelas yang itu saja, menjadi seperti berolah raga karena sering naik turun tangga

Dampak negatif dari moving class adalah :
· Lorong menjadi sempit karena dilalui 2 arah.
· Barang yang tertinggal atau hilang menjadi sulit dilacak.
· Tidak ada yang bertanggung jawab atas kebersihan suatu ruangan.
· Banyak siswa/I yang sering jajan ke kantin
· Lelah karena harus naik turun tangga.

1 comment:

F. 474 .R said...

I agree with you :)