Sunday, September 1, 2013

My 2 years journey in CIC

Hi guys!!

Kali ini gw pengen cerita tentang kehidupan gw 2 taun di CIC. Seru bgt, unforgettable, bittersweet memories. Skolahnya seru bgt dan banyak school events. Disini jg gw punya temen2 dari berbagai negara, ga cm indo, walaupun ujung2nya jg lbh sering main ama anak indo :P hehehe. Okay, first impression gw dtg kesini sih rada kecewa yah, apalagi makanannya. Ampun deh, indomie bikinan gw aja jauh lebih enak -_- untung aja selalu sedia indomie di kamar. Disini jg gw belajar 1001 cara bertahan dgn makanan dorm. Indomie, sambel dan water boiler adalah penyelamat gw hahaha. Klo ga gini, masa mau skip makan di cafetaria, trus makan luar terus, boke lah gw. Sejak disini gw sering bgt kangen makanan indo, apalagi makanan nyokap :( enaknya, disini ada tante2 indo jualan makanan indo gt dan mau anter ampe dorm, berasa di surga bisa makan makanan si tante :D Lumayan lah melepas kangen hehe. Selain makanan, di hamilton ga banyk tempat hiburan. Mall terdekat aja jackson square (JS) ga ada apa2nya, isinya cm bank, dollarama, lib, pharmaplus, counter kartu tlp, food court. Orang2 bilang sih, klo ga da anak CIC, ini mall jg bakal tutup hahah sedih bener sih. Mall yg bagus namanya limeridge, itu jauh bener, naik bus kyk 30mins kynya. Selain mall, disitu ada bayfront, semacam "pantai", padahal itu lake ontario haha maklum lah ontario ga da lautan. Tapi ga enaknya, disana banyak ranjau, eeknya si doggie betebaran dmn2, jd hati2 lah bila melangkah!! Tapi diatas semua itu skolah ini cukup pinter bikin acara seru di weekend, apalagi gw yg udh ngerasain jd anak YAA selama 1 tahun (akhirnya gw keluar jg dr program itu mihihi). Yup, karna gw msh 15 waktu dtg, jd wajib ikut program ini. Tiap weekend ada aj trip, bisa acara bowling, apple picking, ke ROM museum, nonton blue jays, nonton hamilton bulldogs, medieval times, wonderland, ski trip, dll. Dan itu gratis. Well, ga bs dibilang gratis jg sih, ortu dah bayar diawal gt buat program ini, tp kan lumayan, duit jajan gw ga berkurang. Dibandingin ama gw yg udh ga ikut program ini, mesti bayar klo mau ikut trip walaupun jauh lebih murah drpd harga aslinya. Dan kadang gw ama temen gw sesama YAA rada gatau malu sih, ikutan trip yg harganya mahal doang, trus jg kadang kasih alesan ijin ga ikut trip bilangnya mau belajar, padahal males dan mau maen di dorm wkwkwk. Dulu gw bisa ke wonderland 2 kali sebulan pas summer hahaha. Kita jg rada bandel sih dulu, suka skip acara friday night, buat dinner di luar, atau nonton movie, atau maen2. Abisnya acaranya boring, dan rada ga penting sih. Kita juga suka skip club karna capek dan males. Lumayan sering jg dpt warning kena acts hehe *tenang cm warning, blm acts kok ;) Iyalah, pulang sekolah jg udh capek, masa trus suruh ikut club tiap hari. jadi baru balik dorm udh jam 5-6 gt, langsung dinner, trus lanjut belajar dan ngerjain pr, udh harus tidur jam 10 dan ada room check. Padet bgt lah jadwalnya tiap hari, jadi ya gpp lah yah mogok ikutan trip di weekend sekali2, buat istirahat, males2an.

Ok, lanjut tentang organisasi di skolah ini. Dari dulu di labs gw pengen bgt bisa terlibat di organisasi, pengen bgt bs pake jaket kebanggan osis,tapi apa daya saya tak mampu bersaing dgn mereka yg lebih jago. Akhirnya gw memutuskan untuk coba ikut recruitment student leader, dengan iming2 community hours gede dan bs ke bark lake hahaha. Ya gt jg sih sebenernya, gw pengen bgt lebih aktif di skolah, pengen ikut organisasi, pengen nambah temen, nambah pengalaman, dan ngelepas stress di skolah. Karna ga tau knp gw dulu rela ninggalin tugas skolah demi ngurusin acara skolah. Pertama gw coba ikutan class rep, itu tugasnya meeting every week trus kasih info tentang upcoming school events, dll ke 1st period class. Buat yg ga punya 1st period ya derita lu ga bs denger kita2 kasih info hahaha canda2. Tenang, itu info bakal dikasih tau kok di bulletin board skolah dan dorm, guru, dan pasti tiap pagi bakal denger ini "Good morning staff and student, this is your morning announcement!"*tiruin org academic office ngomong gt hahaha. Selain jd class rep, gw sering ikutan community service, jd org student development lumayan tau gw hehe. Dan skolah ini buka recuitment student leader tiap semester, jadi gw pikir ada lah kesempatan gw bs lolos. Kita punya bbrp divisi leader, ada student council, prefects, columbia crew, dan YAA council (tp pas jaman gw pertama kali daftar blm ada). Gw daftar jd prefects, yg kerjanya ngurusin acara skolah, kyk games day, picking up attendance (skrg ga lagi, gara2 guru taking attendance pake ipad, keren sekali ya haha), university fair, community service, 30 hour famine, spirit week, haunted house, dll. Klo student council yg planning acaranya, kyk nentuin theme spirit week, prom, valentines dance, dll.  Klo columbia crew yg ngurusin semua sport activities. YAA council yg ngurusin acaranya YAA. Proses recruitment nya ga sesusah dan penuh perjuangan bgt2 kyk di labs sih. tapi lumayan susah jg karna yg daftar itu super duper banyak, melebihi yg daftar osis labs. Tapi ini prosesnya tiap tahun agak beda sih. Pas jaman gw, semua org yg interested jd student  leader harus ikut leadership training. Abis itu isi formulir, jawab pertanyaan knp pengen jd leader, dll. Di proses ini org student development liat nilai rapot dan formulir kita. Bbrp minggu kemudian ditempel nama2 yg lulus proses ini, dan harus sign up waktu buat interview. Yg interview gw sih leadernya student council, prefects, columbia crew, dan 1 org student development. Dan alhamdulillah gw lolos, dan keterima jd prefects, gw menjabat dr summer 2011-may2012, jd ya 3 semester ehehe. Di tiap awal semester, student leader dikirim ke barklake for 3 days and 2 nights. Seru bgt, belajar banyak tentang leadership, friendship, nature, problem solving, overcome fear, dll. Dengan ikutnya gw jd prefects gw sadar klo time management itu penting bgt. Gw harus pinter bagi waktu buat prefects meeting every tuesday, harus aktif di club, ga ketinggalan pelajaran jg. Berguna bgt lah pengalaman ini.

Lanjut ke kehidupan sehari2 di skolah. Belajar emang jd prioritas, tp maen2 jg penting hehehe. Capek lah, mumet klo blajar terus. Gw sih biasanya belajar sendiri, ga gt bs klo belajar kelompok. Tp belajar bareng berguna jg, kyk waktu itu gw ama roomate gw ngambil eng3u bareng, tp kita beda kelas. Biasanya tiap guru ksh pertanyaan2 yg beda tentang novel yg kita baca. Yup, eng disini mesti baca 2 novel, trus bikin essay gt deh, beda bgt ama pelajaran eng di labs. Lanjut, kita suka tuker2an pertanyaan dan info gt tentang novel yg lg dipelajarin. Trus jg pas chem dan bio gw ama temen gw kadang belajar bareng, dan karna stressnya kita malah ngobrol dan maen ckckck :P hehe. Btw, kebiasaan org indo maen kartu itu ga bs diilangin, dikurangin, dan malah di bawa ampe sini. Biasanya nih kita punya 1 meja panjang khusus buat anak indo di cafetaria. Di meja ini kita biasa makan bareng, ngobrol, ngerjain pr, dan pastinya maen CAPSA hehehe. Kadang maen yg lain jg sih, kadang ada jg yg bawa uno hehe. Gara2 ini nih gw sempet telat masuk kelas dan keluar kata "late" di report card, dan ketahuan ortu, dan gw ditanyain macem2 ma ortu kok bs telat dll -_- Tapi ya tradisi maen kartu dan meja panjang itu ga bs diilangin dr anak2 indo, dan menurun ke generasi selanjutnya hahaha. Walaupun keliatannya kita kompak, tapi pasti ada masalah di antara kita. mulai ada group2 gt, trus musuhan, dan banyak drama. Tapi untungnya generasi gw, ga banyak kyk gt, masalah sih ada ya, tp ga separah itu. Kita tetep jaga kekompakan, karna pikir deh, kita disini ga punya siapa2, cm punya temen2 skrg, keluarga nun jauh di tanah air, klo kita punya masalah, sapa yg mau bantu?? Jadi ya berdamai aja lah ya :D

jadi kurang lebih begitu cerita gw selama 2 tahun di CIC :)


No comments: